GUNADARMA

RESIKO DALAM MEJALANKAN USAHA




Usaha merupakan kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu
Risiko merupakan hal yang selalu dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya sesuatu yang merugikan yang tidak diduga atau yang tidak diinginkan. Dengan kata lain, risiko adalah kemungkinan kejadian yang merugikan.

Jenis-jenis Resiko Usaha

·      Resiko Perusahaan

·      Resiko Keuangan

·      Resiko Permodalan

·      Resiko Pasar

·      Resiko Operasional


Adapun unsur-unsur yang mempengaruhi besar kecilnya suatu risiko, diantaranya sebagai berikut:
1.      Eksposur, yaitu berkaitan dengan peluang
2.      Waktu, yaitu berkaitan dengan jarak atau waktu tempuh
3.      Rentan, yaitu berkaitan dengan tahan lama suatu barang
Dalam dunia usaha, kita perlu menghitung resiko dalam menjalankan sebuah usaha. Menghitung resiko ini terbagi dalam beberapa aspek, yakni: melakukan analisis aspek dalam keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku/bahan produksi. Dibawah ini saya akan menjelaskan satu persatu cara melakukan analisis dari beberapa aspek tersebut.



Berikut Merupakan Aspek-Aspek yang mempengaruhi Resiko Usaha :
·         Aspek Keuangan
Modal/aspek keuangan pada hakekatnya merupakan faktor pelengkap dalam kegiatan wirausaha, sedangkan salah satu kunci keberhasilan usaha bukan terletak pada banyaknya modal, tetapi jumlah modal yang tepat dan penggunaan yang tepat.
Adapun risiko-risiko usaha dalam aspek keuangan, yaitu:
1.      Adanya biaya produksi yang berlebihan;
2.      Adanya biaya perusahaan yang berlebihan;
3.      Adanya utang perusahaan yang besar;
4.      Adanya pinjaman yang berlebihan;
5.      Adanya suku bunga valuta asing dan risiko komoditas.

·         Aspek Potensi Pasar
Riset aspek pasar adalah pengumpulan, pencatatan analisis secara sisitematis atas informasi yang berkaitan dengan pasaran produk potensi pasar.
Manfaat riset pasar bagi seorang wirausaha diantaranya:
1.      Mengenali persoalan pada potensi pasar
2.      Memperoleh informasi dan fakta tentang potensi pasar;
3.      Mengenali lebih jauh tentang potensi pasar;
4.      Mengurangi resiko usaha/bisnis.

·         Aspek Produk
Analisis aspek produk terhadap risiko-risikonya, adalah sebagai berikut:
1.      Risiko terhadap daya saing produk yang sejenis/modelnya.
2.      Risiko karena ketinggalan teknologinya.
3.      Risiko karena penarikan kembali produk-produk yang ditawarkan dipasar karna kualitas yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen.
4.      Risiko karena adanya pemasok tidak mentaati komitmen yang mereka buat.

Agar risiko produk dapat dihilangkan, maka wirausaha harus dapat melakukan  hal-hal sebagai berikut:
1.      Memeriksa proses produksi.
2.      Membuat produk yang dapat diidentifikasikan.
3.      Memberikan informasi kepada konsumen tentang keunggulan produk.
4.      Menindak lanjuti keluhan-keluhan para konsumen.
5.      Mengevaluasi para pemasok barang.

Tujuan wirausaha mengadakan pengembangan produknya, yaitu:
1.      Memenangkan persaingan produk.
2.      Memenuhi kebosanan konsumen terhadap produk.
3.      Mencegah kebosanan konsumen terhadap produk.
4.      Meningkatkan jumlah penjualan terhadap konsumen.
5.      Mendayagunakan sumber-sumber produksi.

·      Aspek Pelanggan
Analisis terhadap aspek pelanggan adalah:
·       Menganalisis sikap pelanggan
·       Adanya pengembalian produk
·        Menganalisis jumlah penjualan barang kepada pelanggan
·        Memelihara komunikasi dengan pelanggan 

·         Aspek Pesaing
Strategi yang dipakai wirausaha untuk memenangkan persaingan pasar, di antaranya:
1.      Kualitas produk yang memuaskan konsumen;
2.      Pelayanan terhadap konsumen;
3.      Harga produk yang disukai konsumen.
Unsur yang penting dalam aspek persaingan yaitu:
1.      Harus memusatkan kegiatannya pada segi-segi yang tidak mungkin dilakukan oleh para pesaing;
2.      Harus dapat menyesuaikan desain produk;
3.      Strategi pemasaran (penentuan harga dalam memenangkan persaingan).

·         Aspek Bahan Baku/Bahan Produksi
Dalam menganalisis aspek bahan baku/bahan produksi wirausaha harus mempertimbangkan:
1.      Tersedianya bahan baku secara kontinue;
2.      Sifat bahan baku yang dihasilkan;
3.      Kemudahan dalam mendapatkan bahan baku produksi;
4.      Tenaga kerja yang ada hubungannya dengan bahan baku produksi.

Unsur-unsur analisis aspek pemasaran:
1.      Strategi bersaing yang diterapkan;
2.      Kegiatan pemasaran melalui bauran pemasaran;
3.      Segmentasi pasar dan posisi produk di pasar;
4.      Nilai penjualan produk di pasar;
5.      Market share yang dikuasai perusahaan.

Hasil analisis yang menjadi pemicu dalam risiko aspek pemasaran, yaitu;
1.      Adanya kinerja produk yang rendah;
2.      Adanya kegagalan dalam mengembangkan produk;
3.      Adanya perang harga produk di pasar;
4.      Adanya perubahan permintaan terhadap produk di pasar;
5.      Adanya masalah distribusi produk yang tidak lancar;
6.      Adanya promosi produk yang kurang efektif;
7.      Adanya pemalsuan merek produk;
8.      Adanya kebijakan pemerintah yang tidak tepat di dalam dunia usaha.

Data yaitu fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang sangat berguna sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha. Analisa merupakan sebuah kegiatan untuk membandingkan dua hal atau variabel sehingga diketahui selisih atau rasionya guna mendapatkan sebuah kesimpulan.

Bentuk analisa data:
a. Analisis Kuantitatif
Analisis yang menggunakan model matematis, statistika, dan ekonometrik.

b. Analisis Kualitatif
Analisis data yang dilakukan terbatas pada teknik pengolahan datanya seperti pada pengecekan datanya.

Adanya Data Hasil Analisis
Unsur-unsur analisis aspek pemasaran:
1.      Strategi bersaing yang diterapkan;
2.      Kegiatan pemasaran melalui bauran pemasaran;
3.      Segmentasi pasar dan posisi produk di pasar;
4.      Nilai penjualan produk di pasar;
5.      Market share yang dikuasai perusahaan.

Kesimpulan :
Dalam memulai usaha dan menjalankan usaha pastilah melewati banyak tantangan dan resiko yang harus dihadapi. Beberapa resiko dalam bidang usaha seperti dalam hal keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku produksi. Itu semua merupakan resiko yang mungkin harus dihadapi oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya, namun dibalik masalah pasti ada solusi. Bisa berupa Melakukan analisis terhadap semua aspek resiko tersebut bisa membantu dalam menjalankan usaha agar tetap berjalan lancar dan berhasil. Melakukan analisis data pun juga sangatlah penting dengan pengumpulan data sangat berguna sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha, intinya untuk mejalankan sebuah usaha diperlukanya kematangan dan keyainan yang sangat matang


Sumber :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PROFESI dan PROFESIONALISME (pengertian, prinsip, tujuan, dan konsep)

STANDAR INDUSTRI INDONESIA DAN STANDAR TEKNIK

KODE ETIK INSINYUR INDONESIA